NASIHAT GURUKU (USTADZ SULAİMAN HİLMİ TUNAHAN (K.S)



BEBERAPA NASIHAT DAN KATA- KATA BIJAK DARI BELIAU


  • Tetaplah di jalan Allah. Jadilah orang yang tulus dan jujur. Berpegang teguhlah pada kata-katamu. Jika kau ingin berkata/berbicara maka biarkan lidahmu selalu mengeluarkan kejujuran dan kata-katamu adalah kebenaran. Jangan mengingkari janji pada orang yang telah mempercayaimu. Jika kita bisa mempertanggungjawabkan perkataan kita maka itu akan membawa kita menuju surga. Akan tetapi jika kau gagal mempertanggungjawabkannya maka nerakalah balasannya.

  • Jadilah orang yang adil. Jangan gunakan tanganmu untuk melakukan kejahatan melainkan lakukanlah kebaikan. Jika pekerjaanmu menggunakan timbangan jangan berbuat curang dengan beratnya, jika menggunakan alat ukur jangan kurangi meteran atau liternya. Orang-orang yang benar/jujur maka akan mempengaruhi seluruh keturunannya dan itu akan membawa kebaikan bagi mereka semua.


  • Cintailah kemanusiaan dan jangan memandang rendah siapapun. Jadilah orang yang Tawadhu’(rendah hati) karena perhiasan yang paling berharga adalah ketawadhuan. Di dalam hidupmu hormatilah orang lain tanpa rasa dengki dan cintailah tanpa rasa cemburu. Sebagian manusia menganggap apa yang dimiliki orang lain tidak pantas baginya. Janganlah seperti mereka. Hargailah milik orang lain tanpa rasa cemburu. Karena kita tidak dapat menghadap ke hadirat Allah dengan rasa dengki atau cemburu.


  • Jika kamu bekerja sebagai pegawai di pemerintahan maka perlakukanlah orang-orang dengan baik, jangan biarkan mereka yang datang padamu tetap berdiri. Selalu sediakan kursi dan persilahkan mereka duduk. Tanyailah kabar mereka. Bantulah mereka untuk menyelesaikan urusannya. Jangan pernah berkata: “Pergilah sekarang dan datanglah lagi besok!” Selesaikanlah urusan mereka saat itu juga. Jika kau tidak melakukan hal itu maka kelak di akhirat aku akan menuntutmu. Jika kau seorang pegawai dan memiliki seorang atasan maka hormatilah ia tanpa rasa dengki, sayangilah tanpa rasa cemburu.

  • Manusia itu ada bermacam-macam tipe. Sebagian ada yang lebih bagus rupanya sementara sebagian yang lain ada yang lebih berbakat. Jangan pernah berkata: “Kenapa bukan aku yang seperti dia?” Karena ini akan mengurangi bahkan apa yang sudah kau miliki. Tetapi jika kau berfikir: “Ya Allah lipat gandakanlah apa yang kumiliki bagi tetangga atau temanku...” maka apa yang kau miliki justru akan berlipat tiga. Jika teman atau tetanggamu itu tidak berfikir hal yang sama maka apa-apa yang sudah menjadi miliknya tidak akan meningkat.

  • Jika kau menemui orang yang lebih baik/ lebih akan bermanfaat dari pada dirimu, maka berikanlah jabatanmu padanya. Inilah patriotisme sejati.

  • Bersikaplah rajin dan produktif, karena Rasulullah bersabda bahwa bekerja itu adalah ibadah. Putraku... ketahuilah bahwa tanpa tetesan keringat maka sesuatu itu menjadi tidak ada nilainya. Tanamilah ladangmu hingga datang saat memanennya dan berikan sebagian hasilnya pada tetanggamu. Tanamlah pepohonan... yang disebut shadaqah jariyah adalah: mendidik anak yang sholeh, menulis buku yang bermanfaat dan menanam pohon. Dari ketiganya ini yang paling baik adalah menanam pohon. Karenanya daripada kita menanam patung maka adalah lebih baik jika kita menanam tanaman yang hijau dan membuat monumen dari pepohonan.

  • Sebuah pohon mulberry hidup hingga 400 tahun, sebatang pohon walnut hidup hingga 700 tahun, sebuah pohon chestnut/berangan bisa hidup hingga 900 tahun dan pohon plane hidup hingga 1500 tahun.
Tanamlah walaupun hanya sebuah pohon waru karena bunganya dapat memberi kesembuhan.

  • Di kota Bursa ada banyak pohon plane yang telah berusia hingga ribuan tahun yang ditanam oleh Osman Ghazi dan Orhan Ghazi (Pendiri kerajaan Osmani). Ketika aku belum menikah dahulu setiap tahun kutanam sebatang pohon sekarangpun setelah menikah aku menanam dua pohon satu untukku, satu lagi untuk istriku.

  • Ajarkan apa yang kau ketahui. Jagalah kebersihan dan selalu menjadi contoh dalam kebersihan. Seorang intelektual berarti orang yang mendapatkan pencerahan. Ada banyak orang yang bahkan meraih tiga gelar di universitas tetapi karena rasa dengki dan cemburunya ia tidak dapat mengajarkan apapun. Intelektual yang sejati adalah orang yang mengajarkan dan menyampaikan ilmu yang dimilikinya.

  • Kebersihan adalah ibadah dan sebagian dari pada iman. Jika ada orang yang mengotori tempat umum(jalan umum) maka segera tutupi atau bersihkan dengan kakimu.


  • Setiap harinya, setidaknya buatlah kebaikan pada dua orang, menangkanlah hati mereka. Karena jalan ke surga bisa ditempuh dengan menyentuh hati seseorang. Menyentuh hati seseorang akan membuka pintu surga Firdaus. Dari kelima butir ini yang paling tulus adalah hal ini. Memenangkan hati seseorang sama nilainya dengan mengerjakan 40 kali sholat. Sedangkan mematahkan sebuah hati akan menghilangkan pahala 40 kali sholat. Jika aku bangun setiap subuh aku akan berdoa:”Ya Allah semoga engkau mentakdirkan kebaikan dariku bagi seseorang hari ini.”

  • Ketika kau pergi atau pulang setiap harinya, sapalah setidaknya dua orang yang kau temui. Jangan menunggu hingga mereka menyalamimu tetapi salamilah mereka dahulu maka mereka pun akan menyapamu. Tangan yang memberi akan lebih baik daripada tangan yang menerima dan Hati yang memberi akan lebih mulia dari pada yang menerima.
 
close
============> [ Close ] =============
>