Bagaimana Cara Sujud Sahwi

Sujud sahwi adalah sujud sebanyak 2 kali yang dilakukan sesudah membaca Tasyahud akhir dan Sholawat, tepatnya sebelum mengucapkan salam. Kata-kata sujud sahwi artinya "Sujud Lupa". Tetapi Sujud sahwi dilakukan bukan saja disebabkan lupa, juga disebabkan meninggalkan SUNNAH AB'ADH (Sunnah yang sangat ditekankan dalam sholat, seperti Tasyahud Awal dan Qunut dalam sholat Subuh) saja dengan sengaja pun tetap disunnahkan melakukan Sujud sahwi.

            Di antara sebab-sebab disunnahkannya Sujud sahwi, sebagaimana dikatakan Syaikh Ibnu Ruslan dalam kitab Zubad, adalah,
"Sebab-sebab Sujud sahwi yang disunnahkan untuk dilakukan tepat sebelum salam adalah karena melalaikan sesuatu yang bila dilakukan secara sengaja dapat membatalkan shalat. Juga karena meninggalkan sunnah ab'adh dengan sengaja atau karena lupa. Dan tidak disunnahkan melakukan Sujud sahwi karena meninggalkan Sunnah HAI'AT (seperti mengangkat tangan ketika takbiratul ihram, misalnya)."

            Hadits yang berkenaan dengan Sujud sahwi di antaranya yang diriwayatkan  Abu Sa'id Al-Khudri, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian ragu di dalam sholatnya sehingga ia tak tahu lagi apakah ia sudah melakukan shalat sebanyak tiga rakaat atau empat rakaat, hendaklah dibuangnya keraguan itu dan yang ia yakini, kemudian hendaknya ia sujud sebanyak dua kali sebelum melakukan salam. Sekiranya ia telah melakukan shalat 5 Rakaat, berarti shalatnya telah digenapkan dengan Sujud sahwinya itu. Dan sekiranya ia shalat tepat empat rakaat, dua sujud itu menghinakan bagi Setan." (HR. Ahmad dan Muslim).

            Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya setan itu masuk di antara anak Adam dan Nafsunya, sehingga ia tidak tahu sudah berapa rakaat ia melakukan shalat. Maka bila seorang di antara kalian mengalami hal demikian, hendaklah ia sujud dua kali sebelum memberi salam." (HR. Abu Ahmad dan Ibnu Majah).

            Adapun bacaan Sujud sahwi ialah:

سُبْحَانَ مَنْ لَايَنَامُ وَلَا يَسْهُو
SUBHAANA MAN LAA YANAAMU WA LAA YAS-HU, (Maha Suci Dzat yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa). 
SocialTwist Tell-a-Friend
close
============> [ Close ] =============
>